Green  Pencil

Selasa, 19 November 2013

MV Korea Terbaik

1. Today “When I Open My Eyes”
Kisah MV ini diawali oleh seorang gadis muda yang membuka2 barang2 lama peninggalan orang tuanya. Kemudian diceritakan tentang seorang gadis kecil yang bermimpi menjadi penari balet (ya ampun lucunya ni anak). Ternyata anak kecil ini sudah tidak memiliki ibu dan dirawat penuh kasih sayang oleh ayahnya. Namun yang namanya MV Korea kalo nggak sedih ya nggak nendang tadi. Si anak ini tak sengaja menelan obat2an yang dikiranya permen. Sang ayah lalu membawanya ke dokter, namun sang dokter justru mengatakan si anak ini nggak akan selamat kalo nggak dapet donor ginjal. Akhirnya sang ayah memutuskan bunuh diri agar ginjalnya bisa didonorkan ke anak semata wayangnya itu. Pada akhir MV dikisahkan bahwa cewek yang ada di awal MV ini ternyata gadis cilik yang telah tumbuh dewasa. Setelah membaca diari peninggalan ayahnya dan mengetahui pengorbanan ayahnya, si gadis ini justru tersenyum bahagia, sebab ia tahu ayahnya kini telah bersama dengan ibunya di surga. Hiks, sedih banget kan video klipnya 


2. The Nuts “Jansori” (feat. Ji Hyun Woo)
Ceritanya tentang seorang pemuda pengantar paket dan seorang cewek yang saling jatuh cinta.
Nah, suatu malam saat lagi nge-date, si cewek melihat sesosok peramal kartu tarot yang menunjukkan kartu “kematian” sambil melihat ke arah si cowok. Si cowok juga hampir tertabrak mobil. Namun begitu si cewek menoleh untuk mencari peramal itu, tiba2 ia menghilang. Perasaan si cewek pun menjadi tak enak semenjak peristiwa misterius ini.
Ternyata benar firasat si cewek. Si cowok itu ternyata ditakdirkan meninggal. Saat sedang bekerja, di dekat perlintasan kereta api, si cowok melihat seorang nenek hendak menyeberang. Si cowok segera menolongnya agar si nenek nggak tertabrak kereta. Namun tiba2 saja saat dihampiri si nenek tiba2 lenyap (hiiiy...ceritanya jadi mistis gitu). Malangnya, justru si cowok ini yang tertabrak kereta.
Suatu hari si cowok terbangun dan melihat ceweknya (yang udah jadi istrinya) sedang dijemput oleh sekelompok pria berbaju hitam. Si cowok pun mengejarnya, namun ternyata pria2 berbaju hitam itu adalah malaikat kematian yang datang menjemput si cewek. Agar sang cowok tetap hidup, sang cewek rela menukarkan jiwanya dengan si cowok (yang sebenarnya udah ditakdirkan meninggal tadi). Di ending MV yang menyayat hati ini, si cowok hanya bisa berteriak begitu mengetahui istrinya meninggal demi menyelamatkan jiwanya. Wow, MV ini cukup unik menurutku sebab menggabungkan drama yang romantis dengan kisah yang beraura mistis dan supranatural. 
 
MV ini bisa dibilang memiliki ending yang supertragis. Ceritanya dibagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama dikisahkan dua orang cowok kakak beradik sedang mengamati seorang bos gangster. Eh, tak jauh dari tempat dimana mereka berada, mereka melihat seorang wanita cantik hendak bunuh diri. Sang kakak pun berusaha menghentikannya. Mereka bertiga kemudian bertemu kembali di toko es krim dan si cewek menjadi dekat dengan sang kakak ini.
Di akhir MV pertama, dikisahkan flashback mengapa mereka berdua getol mengawasi si bos mafia tadi. Ternyata sang bos mafia adalah orang yang dulu membunuh ayah mereka dan mereka berdua berniat balas dendam. Sang adik berhasil menemukan sang bos mafia, namun sayang, saat menghubungi sang kakak untuk minta bantuan, sang kakak ternyata lagi sibuk pacaran ama si cewek (nih cewek juga cakep2 maen nyosor aja). Akhirnya si adik nekad menghadapi para gangster sendirian dan berakhir babak belur.
Pada MV kedua, dikisahkan sang adik marah besar pada kakaknya karena dianggap mengkhianatinya. Sang kakak yang merasa bersalah kemudian memutuskan menghadapi para gangster itu sendirian. Nah, ketika ia hampir berhasil membalas dendam pada si bos gangster, ternyata dia malah menemukan sebuah kenyataan yang mengejutkan bahwa sang bos gangster ternyata adalah………………………………………….
Penasaran kan? Hehehe liat aja videonya sendiri, nggak seru kalo kuceritain sekarang. Tiba2 saja ajudan sang bos mafia muncul dan menusuk sang kakak dari belakang. Sang adik kemudian muncul menyelamatkannya dan meminta kakaknya untuk segera melarikan diri. Sang kakak pun kabur tanpa tahu sang ajudan berhasil menusuk sang adik juga (tebakanku sih sang adik akhirnya tewas). Sang kakak kemudian menaiki motornya, berharap bisa bertemu kembali si cewek. Namun di tengah jalan ia mengalami kecelakaan. Lebih tragis lagi, ketika ia tiba di tempat dimana ia seharusnya menjemput si cewek, ternyata si cewek sudah tak ada di sana lagi. Si cewek rupanya mengira sang cowok selama ini hanya mempermainkannya karena tak kunjung datang menjemputnya. Akhirnya, sang tokoh utama meninggal tanpa bisa memenuhi keinginan terakhirnya bertemu dengan gadis yang ia cintai. 
 
4. KISS_Because I’m A Girl
 MV ini menceritakan tentang sepasang kekasih (sepertinya). Tokoh prianya itu seorang fotografer dan dia suka banget ngefoto si tokoh cewek. Dan ada adegan dimana si cowok itu menaruh cairan pencuci foto secara asal di ruangan khusus untuk mencuci foto. Dan beberapa hari kemudian si ceweknya itu masuk ke ruangan itu dan tanpa sengaja cairan tersebut tumpah ke wajahnya hingga akhirnya dia menjadi buta. Dan si cowok tersebut menjadi merasa bersalah sekali akan apa yang terjadi sama si cewek.
Gak lama setelah kejadian itu akhirnya si cewek mendapatkan donor mata.  Dan beberapa tahun kemudian saat dia jalan ke sebuah tempat (sepertinya taman), tanpa sengaja dia bertemu dengan seorang pria buta yang ditemani seekor anjing sambil memegang sebuah foto. Jreng-jreng siapakah pria tersebut?

5. Davichi-Don’t Say Goodbye
Kalau gak salah ingat, Davichi tuh memang sering banget ngebuat MV yang sedih-sedih. Diawal MV sih saya agak bingung kenapa tokoh cewek bisa ada di tempat sampah -____-“ . Tapi selebihnya untuk kisahnya bagus dan alur tentang bagaimana caranya tokoh cowok menjadi dekat dengan tokoh ceweknya juga dibuat dengan jelas. Dan di endingnya? Gak jauh-jauh dari kata nyesek karena si cowok tersebut ninggalin si cewek demi pacar lamanya.

6. Kim Jong Kook feat. SG Wannabe “The Only Wind”
Si cowok ini merasa kesepian dan merasa hidupnya tak berarti, hingga suatu hari ia berpapasan ama cewek Korea yang cantik di tengah jalan. Namun si cewek ini ternyata diam2 berprofesi sebagai pencopet. Ternyata saudari si cewek ini terkena penyakit parah sehingga si cewek terpaksa mencari uang dengan cara demikian untuk pengobatan saudarinya. Nah, suatu hari si cowok ini nyelametin si cewek dari kejaran polisi dan mereka berduapun menjadi dekat. Namun si cewek ini masih tetap nggak mau mengubah jalan hidupnya. Hingga suatu hari si cowok melihat si cewek kembali dikejar2 polisi. Akhirnya untuk menyelamatkannya, si cowok menyuruh si cewek bersembunyi kemudian melakukan pengorbanan dengan menggantikan tempatnya untuk ditangkap polisi. Haduuh...tragis deh kalo liat endingnya. 



7. Lee Seung Hwan-Wrongful Jadi MV ini menceritakan tentang seorang anak perempuan lumpuh yang berteman dengan sebuah robot buatan kakeknya. Robot tersebut berasal dari rongsokan yang ditemukan dan kemudian didaur-ulang oleh si kakek.  Suatu hari mereka menonton pertunjukan dan anak perempuan tersebut digendong dipundak si robot. Kemudian secara tidak sengaja si robot mendorong kursi rodanya hingga rusak. Kira-kira apa yang akan dilakukan si robot untuk menebus kesalahannya? Sedih deh pokoknya.

8. Fly to The Sky feat Gummy “Shall We Love”
Video klip ini emang nggak setragis video klip yang lainnya (soalnya nggak ada yang mati, buta, transplantasi organ tubuh, atau berubah jadi robot). Tapi tetep nuansa “Korea” sangat kental di video klip ini. Ceritanya tentang kehidupan sepasang sahabat (cowok ama cewek) mulai sejak mereka kecil, SMA, hingga dewasa. Dua-duanya sebenarnya saling mencintai, cuma nggak pernah diungkapin secara langsung. Hingga akhirnya si cewek terpaksa ninggalin si cowok ke luar negeri. Yang bikin galau sebenarnya lebih di cerita masa kecil dan masa muda mereka dibandingkan endingnya. Liat aja deh sendiri, pasti tanpa sadar air mata kalian akan menitik (halah). 

9. Kim Ji Eun “Yesterday Is A Different Day”
Waduh, kalo dibandingin ama video ini, kesedihannya MV “Because I’m A Girl” aja langsung lewaaaaat. Soalnya videonya tuh nggak terima sedih lagi deh. Ceritanya sih simpel banget, tapi dapet banget feelnya. Apalagi akting Koo Hye Sun (model ceweknya) di sini sangat meyakinkan. Kita sih sebenarnya bisa nebak ending MV ini, tapi pas adegannya, tetep aja bikin kita kaget (penempatan kameranya yang nggak terduga). Salut deh buat video ini. Pokoknya kalo kalian ampe nggak nangis pas liat video ini, udah kalian nyemplung ke laut aje *kemungkinan kalian psycho killer yang nggak punya perasaan*



cr: http://mengakubackpacker.blogspot.com, http://kinantinovarina.wordpress.com


2 komentar: