Green  Pencil

Sabtu, 07 September 2013

Nenek Moyang Boyband and Girlband Korea

KAKEK MOYANG BOYBAND KOREA

Temen-temen Kepo Kpop pasti gak asing lagi dengan nama Super Junior, Big Bang, Shinee, Mblaq, dan 2PM. Tapi jangan ngaku fan girling kalo belum kenal sama boyband satu ini, yup “Seo Taiji & Boys”.
Seo Taiji & Boys adalah kakeknya boyband di Korea, mereka yang mempelopori lahirnya group vokal dance yang saat ini mewabah. Personilnya terdiri dari  Seo Taiji, Lee Juno dan Yang Hyeonseok (yang kini dikenal sebagai YG).
Seo Taiji and Boys debut pada tahun 1992 dengan single berjudul “nan arayo (I Know)”,  mereka melakukan debut satge di sebuah acara musik di Stasiun TV MBC, dalam acara musik tersebut setiap bintang baru yang tampil akan dinilai langsung oleh beberapa panelis. Seo Taiji and Boys yang membawa aliran musik baru dalam industri musik Korea saat itu mendapat kritikan pedas dari beberapa panelis, bahkan mereka juga mendapat nilai yang terendah di antara para bintang yang tampil.

Debut Stage Seo Taiji & Boys di Stasiun TV MBC
Namun, kritikan dari panelis berbanding terbalik dengan selera pasar, anak-anak muda di Korea Selatan justru menyukai  lagu tersebut, Kombinasi musik rap, rock, techno Amerika yang mereka bawa, membawa warna baru dalam musik negara gingseng itu, musik ini pula yang menandakan kelahiran musik pop modern di Korea,.
Lagu mereka, “Nan Arayo” meraih kesuksesan penuh, Seo Taiji & Boys berhasil mencetak rekor baru dengan menduduki top chart pertama selama 17 minggu berturut-turut.

Dari kiri ke kanan Yang Hyeonseok , Lee Juno dan Seo Taiji
Seo Taiji & Boys bubar di tahun 1995 setelah mencetak beberapa hits, di antaranya Nan Arayo, Hayeoga, Balhaereul Ggumggumyeo, dan Come Back Home. Kesuksesan Seo Taiji & Boys diikuti grup musik lainnya seperti Panic dan Deux. Tren musik inilah yang turut melahirkan banyak grup musik dan musisi berkualitas lain seperti sekarang ini.

NENEK MOYANG GIRLBAND KOREA
1.       S.E.S
SES 2

S.E.S merupakan singkatan nama dari tiga personilnya yaitu Sea (Bada), Eugene, dan Shoo. Mereka adalah girls band pertama bentukan SM Entertainment dan disebut-sebut sebagai H.O.Tversi cewek. S.E.S bisa disebut sebagai girls band pertama yang meraih popularitas tertinggi. Mereka pertama kali melakukan penampilan debut di bulan November tahun 1997, dengan lagu “I’m Your Girl” (yang diawali dengan rap dari Eric dan Andy Shinhwa) dan “Oh, My Love!”. Kedua lagu tersebut sukses mengangkat nama Bada sebagai lead vocal, lalu Eugene sebagai member tercantik dan Shoosebagai member dengan keahlian bahasa Jepangnya.
Girls group ini bubar di tahun 2002 setelah menghasilkan 7 album korea dan 5 album Jepang.Eugene yang pertama kali keluar dari group tersebut kemudian lebih dikenal sebagai aktris. Bada, sang lead vocal muncul sebagai solo singer, begitu pula dengan Shoo.
Di tahun 2007, mereka berkumpul kembali ketika merayakan hari jadi S.E.S yang kesepuluh. Di tahun 2008 mereka mucul di acara variety show, Happy Sunday dan di bulan Oktober 2009, mereka kembali muncul dalam acara Come to Play.

2.       Baby V.O.X
baby001m
Baby V.O.X adalah girls band pertama yang paling suka gonta-ganti member dan terlibat dengan isu-isu controversial. Nama Baby V.O.X merupakan singkatan dari Baby of Xpresion. Pertama kali muncul dengan formasi Cha Yu Mi, Jung Shi Woon, Jang Hyun Jung, Lee Hee Jin dan Kim E-Z. Mereka diperkenalkan sebagai Space Girl Korea, namun sepertinya promosi tersebut gagal. Selama album pertama, banyak kontroversi yang melanda group ini, hingga akhirnya Cha Yu Mi, sang lead vocal keluar karena cedera kaki dan Jung Shi Woon dan Jang Hyun Jung keluar karena terlibat konflik dengan manajemen.
Di album kedua, mereka kembali dengan member baru Shim Eun Jin, Kan Mi Youn, dan Lee Gai. Konsep tarian dan gerakan tarian yang lebih cute berhasil menaikkan popularitas mereka. Baby V.O.X meraih sukses dengan lagu mereka ‘ya ya ya’. Namun sayangnya, kontroversi kembali terjadi, karena Lee Gai terbukti memalsukan usianya yang hampir 30 menjadi 20. Setelah kontroversi tersebut, Lee Gai dikeluarkan dari Baby V.O.X digantikan oleh Yoo Eun Hye.
Baby_VOX_050008
Kedatangan Eun Hye sepertinya membawa angin segar tersendiri, Baby V.O.X mulai menaiki puncak tangga popularitas. Ia sukses menjadi group Kpop pertama yang menyelenggarakan konser di China. Namun di album ketujuh mereka kembali menuai kontorversi karena lagu amerika mereka,Xctasy. Walaupun Baby V.O.X bisa bekerja sama dengan Jenifer Lopez namun penjualan albumnya tidak mengalami peningkatan. Baby V.O.X kemudian hiatus dari industri musik korea. Dan di tahun 2005, Yoo Eun Hye dan Shim Eun Jin keluar dari Baby V.O.X untuk mulai bersolo karir. Girls band ini resmi membubarkan diri di bulan Maret tahun 2006. Dan di penghujung 2006, pihak agensi mereka mengumumkan Baby V.O.X  generasi kedua, Baby V.O.X rev namun popularitasnya tidak bisa menyamai generasi sebelumnya.
3.       Diva
Diva

Tidak banyak hal yang bisa ESDC korek dari girl group satu ini. Namun dari beberapa lagu mereka yang ESDC dengar, mereka adalah girls band pertama Korea yang mengusung irama Hip Hop. Mereka terdiri dari tiga member : Vicky, Ji Ni dan Lee Min Kyoung, serta mantan member bernama Chae Ri Na. Mereka pertama kali debut di tahun 1997 bersamaan dengan S.E.S dan Baby V.O.X.  Walaupun namanya tidak seheboh dua girls band sebayanya, Diva sukses mengeluarkan 10 album dan 2 album kompilasi.

4.       Fin.K.L
FinKL

Kalian pasti mengenal Lee Hyo Ri bukan? Penyanyi  yang banyak diidolakan oleh idol-idol Kpop. Sebelum tampil solo, Lee Hyori bergabung dengan girls band bernama Fin.K.L. Girls band ini muncul pertama kali di tahun 1998 di bawah DSP Entertainment. Namanya merupakan singkatan dari Fin Killing Liberty, nama ini terpilih setelah dilakukan polling oleh sebuah perusahaan rekaman.  Group ini merupakan saingan terberat S.E.S. kala itu. Friend (nama fans S.E.S) dan Pinky (fans Fin.K.L) juga sering terlibat perdebatan dan dikenal sebagai musuh sejati.
Member Fin.K.L terdiri atas Lee Hyori, Ock Joo-hyun, Lee Jin dan Sung Yuri. Keempatnya membawa Fin.K.L. mencetak belasan hits dan meraih beberapa penghargaan. Lagu-lagu yang menjadi tren di antaranya  ”To My Boyfriend “, “Sad Tears”, “Forever Love”, “Pride”, “To My Prince”, “Now”, “You Wouldn’t Know” dan “Forever”.
Sama seperti saingannya, Fin.K.L juga mulai mengalami masa-masa dilemma di tahun 2002 setelah menyelesaikan 4 album. Walaupun di tahun 2005, DSP entertainment merilis album digital mereka, para member Fin K.L. memutuskan untuk keluar dari agensi dan memulai bersolo karir.
Kesuksesan keempat girls band ini juga membawa pengaruh besar dalam perkembangan girls band di Korea. Terbukti di tahun 1999, semakin banyak girls band yang muncul. Di antaranya : O-24, Cleo, See U, T.T.M.A, As One dan Chakra.

Source : Wikipedia, generasia, http://www.espresseoul.com, hellenakoreanindo.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar