Green  Pencil

Rabu, 12 Juni 2013

Lets Learn Korean - Konjugasi : Jika



Konjungsi - Jika [~ / 으면]

~
/ 으면 digunakan setelah kata kerja dan klausul yang mengandung ~ harus selalu didahulukan dan artinya adalah "jika saya melakukan ini dan itu."

Aturan

1. Ambil
dari sebuah kata kerja biasa dan menambahkan untuk itu.
  • 하다하면 = Jika (saya) lakukan
  • 가다가면 = Jika (anda) pergi
  • 던지다던지면 = Jika (anda) membuang
2. Ambil dari kata kerja dengan konsonan akhir dan menambahkan 으면 untuk itu.
  • 좋다좋으 = Jika (saya) seperti
  • 먹다먹으면 = Jika (anda) makan
  • 잡다잡으 = Jika (saya) menangkap
Misalnya.
  • 학교 가면 공부 있다 = Jika saya pergi ke sekolah, saya bisa belajar.
  • 의대 가면 의사 있다 = Jika Anda pergi ke sekolah kedokteran, Anda bisa menjadi dokter.
  • 책을 가져오면 읽어 줄께 = Jika Anda membawa (saya) buku, saya akan membaca (itu) kepada Anda.
학교 = sekolah
있다 = dapat melakukan
의대 = sekolah kedokteran
의사 = dokter
있다 = dapat menjadi
= buku
가져 오다 = membawa
읽다 = baca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar