Green  Pencil

Selasa, 11 Juni 2013

Mari Belajar Bahasa Korea - Suka Melakukan



1.     Aku suka melakukan - 하는게 좋다

하는게 좋다 adalah bentuk dikontrak 하는 것이 좋다 (것이)
하는 berarti "melakukan" dan jika Anda ingat, " / " adalah partikel pengenal. Saya juga ingin menyebutnya partikel spesifisitas.
Sebagai contoh,
  • 점심 에는 샌드위치 먹는 것이 좋다 = saya suka makan sandwich saat makan siang (di antara berbagai hal untuk makan di makan siang, sandwich adalah pilihan saya)
  • 시골 에서 사는게 좋다 = saya seperti hidup di negeri ini (Walaupun saya bisa hidup di kota atau daerah perkotaan, saya seperti hidup di negeri ini)

좋다 berarti dua hal
  • 1. Aku suka
  • 2. Ini bagus
Biasanya, artinya adalah "Aku suka melakukan" dalam berbicara Korea. Di Korea tertulis, adalah "하는게 좋다" lebih cenderung berarti "itu baik untuk melakukan sesuatu." Namun, artinya tergantung pada konteks.
Informal
Positif
Negatif
Ditulis
하는게 좋다
 하지 않는게 좋다
 안하 는게 좋다
Lisan
하는게 좋아
 안하 는게 좋아

Resmi
Positif
Negatif
Ditulis
하는게 좋습니다
하지 않는게 좋습니다
안하 는게 좋습니다
Lisan
하는게 좋아요
하지 않는게 좋아요
안하 는게 좋아요

Catatan: Kata-kata yang dicetak tebal adalah alternatif yang lebih umum digunakan dari dua di setiap kotak.

Aturan

1. Ambil
dari bentuk polos verba dan kemudian melampirkan 는게 좋다
2. Jika kata kerja memiliki konsonan akhir
, itu dihilangkan.
  • 하다하는게 좋다 = Aku suka melakukan, itu baik untuk melakukan
  • 먹다먹는게 좋다 = aku suka makan, itu baik untuk dimakan
  • 보다보는게 좋다 = saya suka menonton, ada baiknya untuk menonton
  • 듣다듣는게 좋다 = aku suka mendengarkan, ada baiknya untuk mendengarkan
  • 걷다걷는게 좋다 = Aku seperti berjalan, itu baik untuk berjalan
  • 쓰다쓰는게 좋다 = Aku suka menulis, itu bagus untuk menulis
  • 읽다읽는게 좋다 = Saya suka membaca, ada baiknya untuk membaca
  • 만들다만드 는게 좋다 = Saya suka membuat, itu baik untuk membuat
  • 살다사는게 좋다 = aku suka hidup, itu baik untuk hidup
  • 말다마는게 좋다 = saya seperti membungkus, itu baik untuk membungkus

Contoh kalimat
  • 운동 하는게 좋다 = aku suka berolahraga. Ini baik untuk berolahraga.
  • 휴일 에는 바닷가 가는게 좋다 = Saya ingin pergi ke pantai di akhir pekan. Ini baik untuk pergi ke pantai di akhir pekan.
  • 금요일밤 에는 피자 먹는게 좋다 = Pada Jumat malam, saya suka makan pizza. Pada Jumat malam, ada baiknya untuk makan pizza.
  • 심심 할땐 영화 보는게 좋아 = Ketika aku bosan, aku suka menonton film. Bila Anda bosan, ada baiknya untuk menonton film.










2.  Aku suka melakukan -
하는걸 좋아한다

하는걸 adalah bentuk dikontrak 하는것 dan adalah partikel objek.
하는걸 좋아한다 hanya berarti "Aku suka melakukan"
Informal
Positif
Negatif
Ditulis
하는걸 좋아한다
하는걸 좋아하지 않는다
하는걸 안좋아 한다
Lisan
하는걸 좋아해
하는걸 좋아하지 않아
하는걸 안좋아해


Resmi
Positif
Negatif
Ditulis
하는것 좋아 합니다
하는것 좋아하지 않습니다
하는걸 안좋아 합니다
Lisan
하는걸 좋아해요
하는걸 좋아하지 않아요
하는걸 안좋아 해요


Catatan:
adalah bentuk dikontrak 것을.

Aturan yang sama seperti di atas.
  • 하다하는걸 좋아한다 = Aku suka melakukan
  • 먹다먹는걸 좋아한다 = saya suka makan
  • 보다보는걸 좋아한다 = saya seperti menonton
  • 듣다듣는걸 좋아한다 = saya suka mendengarkan
  • 걷다걷는걸 좋아한다 = saya seperti berjalan
  • 쓰다쓰는걸 좋아한다 = aku suka menulis
  • 읽다읽는걸 좋아한다 = saya suka membaca
  • 만들다만드 는걸 좋아한다 = Saya suka membuat
  • 살다사는게 좋아한다 = Saya suka tinggal
  • 말다마는게 좋아한다 = saya seperti membungkus
Contoh kalimat
  • 운동 하는것 좋아하지 않는다 = saya tidak suka berolahraga.
  • 휴일 에는 바닷가 가는걸 좋아한다 = Saya ingin pergi ke pantai di akhir pekan.
  • 금요일밤 에는 피자 먹는걸 좋아 합니다 = Pada Jumat malam, saya suka makan pizza.
  • 심심 할땐 영화보 는걸 좋아해요 = Ketika aku bosan, aku suka menonton film.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar