Green  Pencil

Sabtu, 15 Juni 2013

Lets Learn Korean -Konjungsi Tetapi



는데 / sering digunakan dalam bahasa Korea berbicara santai. 는데 / berarti "tetapi"

Sebagai contoh,
  • 그리스어 아는데 이태리어 몰라 = Saya tahu bagaimana melakukannya (berbicara / menulis / membaca) Yunani, tetapi saya tidak tahu bagaimana melakukannya (berbicara / menulis / membaca) Italia.
  • 밥은 먹는데, 반찬 먹어. = Saya makan (nasi) tapi saya tidak makan lauk pauk.
  • 방은 넓은데, 화장실 좁아 = Ruangan yang luas, tetapi kamar mandi yang sempit (kecil).

Aturan

1. Ambil
dari bentuk verba polos dan melampirkan 는데 untuk itu.
  • 하다하는데
  • 가다가는데
  • 오다오는데
  • 먹다먹는데
  • 마시다마시 는데
  • 사다사는데
  • 팔다파는데
  • 걷다걷는데

Catatan: Ambil konsonan akhir, , dari bentuk polos verba dan kemudian melampirkan 는데.
  • 알다아는데 (tahu)
  • 팔다파는데 (menjual)

2. Tambahkan
untuk Kata Sifat - Deskriptif bentuk kata sifat.
  • 크다큰데
  • 작다작은데
  • 가깝다가까 운데
  • 멀다먼데
  • 많다많은데
  • 적다적은데
  • 뜨겁다뜨거 운데
  • 차갑다차가 운데

Contoh kalimat (bentuk lisan)
  • 오늘 학교 가는데, 내일 학교 안가요. = Saya pergi ke sekolah hari ini tapi saya tidak pergi ke sekolah besok.
  • 영화 보러 갔는데, 보고 싶은 영화 없었어 = Saya pergi untuk melihat film tetapi tidak ada film yang aku ingin menonton.
  • 예전 에는 키가 작았 는데, 지금 . = (I / Dia / Dia) kecil (tinggi) sebelumnya, tapi (I / Dia / Dia) pm / adalah tinggi sekarang.
  • 음식 보기 에는 맛있어 보이는데, 먹어 보니까 맛이 없어. = Makan ini terlihat lezat tapi tidak enak (sama sekali) setelah saya sudah mencobanya.
그러나 [Tetapi]

그러나 hanya dapat digunakan antara kalimat.

Buku =

Pisang =
바나나
baca =
읽다
ingin membaca =
읽고 싶다
ingin membaca =
읽고 싶었다 ( Verbs - Ingin )
tidur =
자다 tidur = 잤다
seperti =
좋다 (polos)
seperti =
좋아한다 (sekarang) ( Verbs - Present / Past )

Misalnya.
  • 책을 읽고 싶었다. 그러나 잤다. [Saya ingin membaca buku. Tapi aku tidur.]
  • 바나나 맛있다. 그러나 나는 좋아하지 않는다. [Pisang adalah lezat. Tapi aku tidak seperti itu]
Dua kalimat yang dihubungkan oleh 그러나 tetapi mereka masih terpisah.


~
/ ~ 지만 [Tetapi]

Untuk menghubungkan dua atau lebih kalimat menjadi satu kalimat, atau ~ ~
지만 digunakan.

● Untuk verba, tambahkan
untuk Verbs - Deskriptif Saya
● Untuk kata sifat, tambahkan
untuk   Kata Sifat - Deskriptif

Misalnya.
  • 쓰는쓰는데 = menulis tapi
  • 글씨 쓰는데, 읽을 없다 = saya menulis kata-kata tapi aku tidak bisa membaca
  • 사는사는데 = hidup tapi
  • 물에서는 사는데, 땅에서는 산다 = Ia tinggal di air tetapi tidak dapat hidup di tanah
  • 어려운어려 운데 = sulit tapi
  • 외국어 배우기 어려 운데 재미있다 = Sebuah bahasa asing adalah sulit untuk belajar tapi menarik.
● Untuk kata kerja dan kata sifat, tambahkan 지만 ke bentuk polos tanpa .

Misalnya.
  • 쓰다쓰지만 = menulis tapi
  • 글씨 쓰지만, 읽을 없다 = saya menulis kata-kata tapi aku tidak bisa membaca
  • 살다살지만 = hidup tapi
  • 물에서는 살지만, 땅에서는 산다 = Ia tinggal di air tetapi tidak dapat hidup di tanah
  • 어렵다어렵 지만 = sulit tapi
  • 외국어 배우기 어렵 지만 재미있다 = Sebuah bahasa asing adalah sulit untuk belajar tapi menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar